Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut pada Ibu Hamil Itu Penting!!

 


Kesehatan gigi dan mulut ibu hamil sangat penting untuk dijaga. Ketika hamil, keadaan rongga mulut ibu hamil berubah, hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, seperti: pengetahuan, sosial ekonomi, kebiasaan sikat gigi, kebersihan gigi dan mulut, perubahan hormon, usia kehamilan, dan indeks plak. Perilaku yang berkaitan dengan kebersihan gigi dan mulut sangat mempengaruhi keadaan rongga mulut. Status kebersihan mulut, pengetahuan kesehatan gigi, dan sikap ibu hamil mempengaruhi kejadian penyakit gigi dan mulut. Ibu hamil biasanya banyak keluhan mual dan muntah.

Tidak sedikit ibu hamil mengalami mual dan muntah pada saat menyikat gigi. Hal ini berakibat pada malasnya ibu hamil untuk menyikat gigi. Frekuensi menyikat gigi yang dianjurkan adalah 2x sehari, namun ibu hamil bisa saja satu kali atau bahkan tidak sama sekali dikarenakan mual. Akibat dari tidak menyikat gigi dengan teratur, maka ibu hamil banyak mengeluhkan gigi kotor hingga bau mulut. Selain gigi kotor dan bau mulut, biasanya ibu hamil mengalami gingivitis atau peradangan pada gusi, ditandai dengan gusi memerah.

Gingivitis pada ibu hamil dapat juga disebabkan oleh dental plak dan diperparah oleh manusia. Tingkat keparahan biasanya terjadi pada awal bulan ke 2 atau 3 dengan puncaknya pada trimester ke 2 dan 3. Sedangkan penurunan kejadian gingivitis pada ibu hamil menurun pada bulan ke 9 kehamilan.

Hal-hal yang dianjurkan pada ibu hamil untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah:

1.     Menyikat gigi 2x sehari

2.     Melakukan flossing gigi

3.     Menggunakan obat kumur yang aman untuk ibu hamil

4.     Makan makanan yang bergizi

5.     Mengurangi makanan manis dan lengket

Komentar